Bincang-Bincang Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Sumatra-Jawa dengan tema “Hitam Putih Pertembakauan di Indonesia”

Minggu (06/10) telah berlangsung kegiatan Bincang-Bincang Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Sumatra-Jawa dengan tema “Hitam Putih Pertembakauan di Indonesia” yang diselenggarakan oleh HMKM HTP di Aula STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Kegiatan ini menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Bapak Drs. Dedi Parlaungan, APT (Kepala Bidang Kesmas Provinsi Riau) dan Ibu Ade Hartati Rahmat, S.Pd. Dan juga dihadiri oleh Bapak Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes selaku Ketua STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Peserta Bincang-Bincang Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Riau kali ini diikuti sebanyak sekitar 200 orang, yang berasal dari STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk membuka ruang diskusi bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat terkait dinamika Hitam Putih Pertembakauan di Indonesia. Tahun demi tahun banyak pihak, termasuk pemerintah dan swasta yang turut mengampanyekan bahaya konsumsi rokok. Di beberapa negara mungkin sudah menunjukkan banyak perubahan positif dengan kebijakan-kebijakan pemerintahnya masing-masing. Tapi tentu masih banyak yang belum terpapar atau tersadarkan akan dampak negatif konsumsi rokok. Bukan hanya berakibat fatal bagi perokok aktif, tapi juga bagi lingkungan sekitarnya yang ‘dipaksa’ menjadi perokok pasif. Bahkan data WHO menyebut ada 890 ribu orang yang kehilangan nyawanya karena posisi mereka sebagai perokok pasif.
Semoga dengan adanya ruang diskusi ini, dapat membuka pintu penambahan wawasan terkait pendidikan Kesmas bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *