HMKM HTP hadiri Sosialisasi dan Edukasi Kesehatan Tentang Campak Rubella oleh Konsultan MR UNICEF di SDN 063 Pekanbaru, Kecamatan Rumbai.

Sabtu (25/08) beberapa pengurus HMKM HTP hadiri Sosialisasi dan Edukasi Kesehatan Tentang Campak Rubella oleh Konsultan MR UNICEF di SDN 063 Pekanbaru, Kecamatan Rumbai.
·
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Yufrizal Putra selaku Konsultan MR UNICEF, Pihak Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Pihak Puskesmas Rumbai, dan Lembaga Penyuluh Kanker Indonesia.
·
Setelah MUI mengeluarkan fatwa memperbolehkan penggunaan Vaksin MR dalam pencegahan Campak Rubella, masih banyak pro kontra di kalangan masyarakat yang harus dihadapi petugas-petugas kesehatan dalam melaksanakan Program Kesehatan Pemerintah Vaksinasi MR untuk anak berusia 9 bulan – 15 tahun dalam rangka pencegahan Campak Rubella.
·
Dari hasil sosialisasi yang didapat,masyarakat masih butuh pemahaman terkait vaksin MR, masyarakat masih butuh pencerahan terkait isu-isu hoax seputar bahayanya vaksin MR, sehingga masyarakat masih ragu memberikan suntik vaksin MR kepada anaknya, khususnya terkait isu halal-haram vaksin MR.
·
Padahal, MUI sudah mempertimbangkan dan Memberi Fatwa vaksin MR boleh dipergunakan dikarenakan kedaruratan syari’ah dan belum ada penggantinya untuk yang halal.
·
Dampak Campak Rubella sangat berbahaya sekali, pada saat sosialisasi juga turut hadir orang tua yang anaknya terkena virus campak rubella sejak masih dalam kandungan, efeknya anaknya terlahir dalam keadaan tuli, dan sudah mengeluarkan banyak biaya dalam merawat anaknya sampai sekarang ini. Diluar sana justru ada orang tua yang anaknya mengalami katarak sejak kecil, jantung bocor, ketulian, dan lain sebagainya akibat dari Campak Rubella ini.
·
Semoga derajat kesehatan masyarakat di Indonesia dapat terus meningkat, dan Mahasiswa Kesehatan sangat berperan sekali dalam mendukung program-program kesehatan pemerintah, khususnya Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang dapat memberi pemahaman dan mencerdaskan masyarakat seputar info kesehatan terkini.
·
Posted by :
Departemen Infokom
HMKM HTP
Kabinet Bersama

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *